Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa
audio visual menggunakan macromedia flash pada mata pelajaran IPS untuk
siswa kelas V sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah, dengan jumlah sampel
keseluruhan 26 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan
Borg and Gall. Berdasarkan hasil validasi ahli media diketahui bahwa produk
media audio visual menggunakan macromedia flash dikategorikan “baik†dan ahli
materi mendapatkan kategori “sangat baikâ€. Kriteria tersebut dapat dilihat dari:
ahli media dikategorikan baik dengan perolehan skor 54 dan skor rata-rata 4,1.
Sedangkan dari ahli materi dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor 48
dan skor rata-rata 4,8. Berdasarkan hasil respon siswa, dari setiap komponen
diperoleh tidak ada yang merespon sangat kurang, kurang dan cukup (0%), yang
merespon baik sebanyak 4 orang (15,4%), dan yang merespon sangat baik
sebanyak 22 orang (84,6%) dari 26 responden. Hasil tes evaluasi, diperoleh 14
siswa tuntas/ berada diatas KKM (60), 4 siswa tidak tuntas. Secara klasikal nilai
rata-rata yang diperoleh 73,4 dan siswa yang tuntas sebanyak 22 orang siswa
dengan ketuntasan klasikal sebesar 84,6%. kesimpulannya menunjukkan bahwa
media audio visual menggunakan macromedia flash layak digunakan.