Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet pembelajaran berbasis
konstruktivisme pada mata pelajaran matematika materi geometri kelas V SDN
Sadah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model Borg
and Gall.Teknik pengambilan data menggunakan angket.Data dianalisis
menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian pada booklet telah
berhasil, Kualitas bahan ajar berdasarkan ahli materi mendapat penilaian dengan
kriteria sangat baik (SB) dan persentase keidealan 94%.Kualitas booklet menurut ahli
media mendapat penilaian dengan kriteria baik (B) dan persentase keidealan 80%.
Serta respon 18 orang siswa mendapat penilaian dengan kriteria sangat baik (SB) dan
persentase keidealan 100% serta hasil belajar siswa mendapat kriteria baik dengan
persentase 80,3%. Berdasarkan hasil tersebut, maka produk booklet pembelajaran
berbasis konstruktivisme pada mata pelajaran matematika materi geometri kelas V
SDN SADAH layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Booklet, Konstruktivisme, Hasil Belaj