DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN MEDIA FLANEL BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SDN 3 MONTONG BETOK TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
LAELI, HUSNUL
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-11 03:51:49 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan media Flanel Board terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II di SDN 3 Montong Betok Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yakni Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttes Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes yakni Pretes atau tes awal yang diberikan sebelum diberikan perlakuan dan tes hasil belajar atau Posttes yang diberikan sesudah perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas II di SDN 3 Montong Betok dengan jumlah sampel sebanyak 18 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dengan harga ܺ௛௜௧௨௡௚ untuk pre-test sebesar 5,469 dan post-test sebesar 5,237 dengan harga ܺ௧௔௕௘௟ 11,070. Uji linieritas dengan hasil harga ௜௛ܨ௧௨௡௚ sebesar 0,04 dan harga ܨ௧௔௕௘௟ sebesar 4,06, yakni 0,04 ï‚£ 4,06 artinya data berpola linier. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan Uji-t, diperoleh harga ௜௛ݐ௧௨௡௚ sebesar 6,849. Apabila harga ௜௛ݐ௧௨௡௚ dikonsultasikan pada ݐ௧௔௕௘௟ dengan dk= ݊ଵ+ ݊ଶ 2 = 18 + 18  2 = 34 dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh harga ݐ௧௔௕௘௟ sebesar 2,032. Dengan kriteria pengambilan keputusan jika ௜௛ݐ௧௨௡௚  ݐ௧௔௕௘௟ maka ܪை ditolak dan ௔ܪditerima dan sebaliknya jika ௜௛ݐ௧௨௡௚ ï‚£ ݐ௧௔௕௘௟ maka ܪை diterima dan ௔ܪditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh model Course Review Horay Belajar Matematika Siswa Kelas II di SDN 3 Montong Betok Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Model Course Review Horay (CRH) berbantuan media Flanel Board, Hasil Belajar 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi