Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat peraga
pembelajaran alat peraga lubang bambu hitung pada mata pelajaran matematika
untuk siswa kelas II SD/MI, dengan jumlah sampel keseluruhan 24 siswa. Metode
yang digunakan Research and Development (R&D) mengacu pada model
pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi empat tahapan, yaitu
penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk,
validasi dan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan produk alat peraga lubang
bambu hitung layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi ahli media
mendapat kategorikan “Baik†dan ahli materi mendapatkan kategori “Baikâ€.
Kriteria tersebut dilihat dari perolehan skor 38 dan skor rata-rata 3,4, dari ahli
materi mendapat kategori “Baik†dengan perolehan skor 43, skor rata-rata 3,9.
Respon siswa dari setiap komponen tidak ada yang merespon sangat kurang,
kurang dan cukup, yang merespon baik 3 siswa (12,5%), dan yang merespon
sangat baik 12 siswa (87,5%). Hasil tes evaluasi, diperoleh 20 (83,3%) siswa
diatas KKM (68), 2 (16,7) siswa tidak tuntas, secara klasikal nilai rata-rata yang
diperoleh 77,9. kesimpulanya menunjukkan bahwa alat peraga lubang bambu
hitung layak digunakan pada siswa kelas II SDN 1 Paok Motong.
Kata Kunci : Pengembangan, Alat Peraga, Lubang Bambu Hitung