DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI PERBANDINGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI NW DAMES KECAMATAN SURALAGA TAHUN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HAFIZ, IKHTIARINI
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-11 06:48:56 
Abstract :
Dalam keadaan dimana anak didik atau siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, itulah yang disebut dengan kesulitan belajar. Kesulitan belajar anak merupakan masalah yang harus ditanggulangi sejak dini karena mempengaruhi anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari materi perbandingan, (2) mengetahui faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar yang di alami siswa (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar yang di alami siswa dalam mempelajari materi perbandingan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan subjek 25 siswa dan guru kelas V di MI NW Dames Kecamatan Suralaga. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu, (1) jenis kesulitan yang dialami siswa berupa kesulitan memahami konsep dan kesulitan berhitung, (2) faktor penyebab kesulitan siswa yaitu faktor internal meliputi sikap belajar siswa, motivasi, kesehatan tubuh siswa. Faktor eksternal yaitu kurangnya variasi guru dalam mengajar. (3) adapun upaya untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu dengan cara memperbanyak latihan, mengikuti les diluar jam pelajaran. Adapun disarankan kepada guru agar mengajarkan siswa sesuai dengan teori belajar matematika serta lebih memperhatikan lagi siswa yang mengalami kesulitan belajar materi perbandingan. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Materi Perbandi 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi