Abstract :
Dalam keadaan dimana anak didik atau siswa tidak dapat belajar
sebagaimana mestinya, itulah yang disebut dengan kesulitan belajar. Kesulitan
belajar anak merupakan masalah yang harus ditanggulangi sejak dini karena
mempengaruhi anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk, (1)
mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari materi
perbandingan, (2) mengetahui faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar
yang di alami siswa (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam mengatasi
kesulitan belajar yang di alami siswa dalam mempelajari materi perbandingan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan subjek 25 siswa
dan guru kelas V di MI NW Dames Kecamatan Suralaga. Teknik yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu, (1) jenis kesulitan yang dialami siswa
berupa kesulitan memahami konsep dan kesulitan berhitung, (2) faktor penyebab
kesulitan siswa yaitu faktor internal meliputi sikap belajar siswa, motivasi,
kesehatan tubuh siswa. Faktor eksternal yaitu kurangnya variasi guru dalam
mengajar. (3) adapun upaya untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu dengan cara
memperbanyak latihan, mengikuti les diluar jam pelajaran. Adapun disarankan
kepada guru agar mengajarkan siswa sesuai dengan teori belajar matematika serta
lebih memperhatikan lagi siswa yang mengalami kesulitan belajar materi
perbandingan.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Materi Perbandi