Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh single
parent terhadap motivasi belajar siswa di SDN 1 Sukamulia. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang
tua single parent dan anak (siswa), yang terdiri dari 5 orang tua single parent dan
5 anak (siswa). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung dengan narasumber di
lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Analisis data pada penelitian
ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi pengaruh pola asuh
single parent terhadap motivasi belajar siswa di SDN 1 Sukamulia. Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilaksanakan terdapat dua jenis pola asuh yang
diterapkan oleh orang tua single parent yaitu pola asuh demokratis dan permisif.
Dari kedua pola asuh tersebut berpengaruh terhadap motivsi belajar anak yang
menunjang hasil belajarnya. Anak dari orang tua single parent yang menerapkan
pola asuh demokratis rata-rata menjadi juara dikelas sedangkan anak dari orang
tua single parent yang menerapkan pola asuh permisif tidak mendapatkan juara
dikelasnya. Hal ini membuktikan bahwa motivasi belajar anak dipengaruhi oleh
pola asuh orang tuanya, karena sebagai pengasuh dan pembimbing dalam
keluarga, orang tua Single Parent sangat berperan dalam meletakkan dasar-dasar
perilaku dan pemahaman bagi anak-anaknya. Karena anak (siswa) memilki
motivasi dalam belajarnya berasal dari diri sendiri dan lingkungan luar seperti
keluarga (orang tua single parent kakak dan saudara).
Kata kunci : Pola Asuh Single Parent, dan Motivasi Belajar