Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan
emosional dengan kemampuan interaksi siswa kelas V SDN 4 Rarang. Jenis
penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini
adalah guru dan anak (siswa), yang terdiri dari 2 orang guru dan 5 anak (siswa).
Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi secara langsung dengan narasumber di lapangan untuk
mendapatkan data yang dibutuhkan. Analisis data pada penelitian ini
menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi hubungan antara
kecerdasan emosional dengan kemampuan interaksi siswa kelas V SDN 4 Rarang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan terdapat dua bentuk
interaksi yaitu Interaksi Sosial yang berbentuk asosiatif dan Interaksi sosial yang
berbentuk Disosiatif. Dari kedua bentuk interaksi tersebut berpengaruh terhadap
interaksi belajar anak yang menunjang hasil belajarnya. Hal ini membuktikan
bahwa kecerdasan emosional dapat meningkatkan kemampuan interaksi siswa.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, dengan kemampuan interaksi siswa