DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 (MAN 2) LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HULAFAURRASYIDIN, HULAFAURRASYIDIN
Subject
Pembelajaran Ekonomi 
Datestamp
2021-01-12 02:49:42 
Abstract :
Kegiatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang aktif dan masih menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). Hal ini dapat menurunkan kemampuan hasil belajar siswa dan menurunkan daya serap atau penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Maka digunakan model pembelajaran pendekatan saintifik yang merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memecahkan kebosanannya untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah semua kelas XI MAN 2 Lombok Timur, dengan sampel kelas XI IPS. Pengumpulan dengan menggunakan tes serupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dan lembar pengamatan. Uji hipotesis yaitu dengan T-tes (Uji-t). Hasil penelitian yang diperoleh dari rata-rata pretes pada kelas eksperimen 66,9 dan postes pada kelas eksperimen 74,8 dan nilai rata-rata pretes pada kelas control 60,8. Dan hasil uji normalitasnya adalah kelas eksperimen maupun kelas control berdistribusi normal. Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t. diperoleh thitung>ttabel (4,28>2,01). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran pendekatan saintifik dan keaktifan belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di madrasah Aliyah negri 2 lombok timur tahun ajaran 2017/2018 berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Keaktifan, Hasil belajar 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi