Abstract :
Kegiatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang aktif dan masih
menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). Hal ini dapat menurunkan
kemampuan hasil belajar siswa dan menurunkan daya serap atau penguasaan siswa
terhadap materi yang diajarkan. Maka digunakan model pembelajaran pendekatan
saintifik yang merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu
siswa dalam memecahkan kebosanannya untuk mencapai hasil belajar yang
maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi penelitian ini
adalah semua kelas XI MAN 2 Lombok Timur, dengan sampel kelas XI IPS.
Pengumpulan dengan menggunakan tes serupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal
dan lembar pengamatan. Uji hipotesis yaitu dengan T-tes (Uji-t). Hasil penelitian
yang diperoleh dari rata-rata pretes pada kelas eksperimen 66,9 dan postes pada kelas
eksperimen 74,8 dan nilai rata-rata pretes pada kelas control 60,8. Dan hasil uji
normalitasnya adalah kelas eksperimen maupun kelas control berdistribusi normal.
Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t. diperoleh thitung>ttabel (4,28>2,01).
Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran pendekatan
saintifik dan keaktifan belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di madrasah
Aliyah negri 2 lombok timur tahun ajaran 2017/2018 berpengaruh secara signifikan
terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Keaktifan, Hasil belajar