Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa
(LKS) berbasis komik untuk siswa kelas III Sekolah Dasar dan mengetahui nilai
uji kelayakan LKS berbasis komik pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian
ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg
and Gall yang terdiri dari 7 tahapan yang disederhanakan yaitu, penelitian dan
pengumpulan data, perencanaan, pengembagngan draft produk, uji coba lapangan
awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk akhir,
subjek penelitian adalah siswa kelas III Sekolah Dasar yaitu SDN 1 Aikmual. Uji
coba lapangan dilaksanakan di SDN 1 Aikmual dengan 24 siswa.Data yang
diproleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.Instrumen
pengumpulan data meliputi lembar kerja siswa (LKS), lembar validasi dan angket
respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
rumus skala lima. Hasil pengembangan produk pada tahap ini penilain kelayakan
media memproleh skor 40 yang termasuk kategori baik sedangkan penilaian
kelayakan ahli materi mendapatkan skor 46 termasuk kategori sangat baik.
Respon siswa terhadap media pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis
Komik dikatakan baik setelah diberikan angket respon kepada 24 orang responden
perolehan rata-rata 81% di SDN 1 Aikmual. Sehingga dapat disimpulkan hasil
validitas, revisi dan evaluasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan penilaiain terhadap produk yang dikembangkan.
Kata Kunci: Pengembanagn, Lembar Kerja Siswa (LKS), Komik