Abstract :
Dalam pembelajaran matematika, permasalahan yang sering muncul
adalah pemahaman materi yang diajarkan sehingga hasil belajar yang didapat
kurang sesuai dengan yang diharapkan. Pada penelitian ini peneliti
mengimplementasikan metode gasing. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh implementasi metode gasing dan penanaman karakter
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan KPK
kelas IV SDN 5 Bagik Payung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah
penelitian ekseperimen, yang didesain sesuai dengan desain penelitian
eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 5 Bagik
Payung tahun peajaran 2016/2017. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka
peneliti mengambil semuanya sebagai sampel. Sampel tersebut terdiri dari kelas
IV A dan IV B. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai tertinggi pada
kelompok eksperimen adalah 100 dan nilai terendah adalah 50 sementara nilai
tertinggi pada kelompok kontrol adalah 90 dan nilai terendah adalah 40 nilai ratarata kelompok eksperimen adalah 73,75 dan 63,75 untuk kelompok kontrol.
Berdasarkan hasil hipotesis dengan menggunakan Anava satu jalur (one way
anava) didapatkan nilai Fempirik (F hitung ) sebesar 9,453 dan Fteoritik (F tabel) sebesar
3,30 yang dipeproleh dari dba = 2 dan dbd = 45 dengan taraf signifikansi 5%.
Oleh karena Fempirik lebih besar dari Fteoritik (9,453 > 3,30) maka hipotesis diterima
artinya implementasi metode gasing dapat mempengaruhi penanaman karakter
kerjasama dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan KPK kelas IV
SDN 5 Bagik Payung tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Metode Gasing (Gampang, Asyik dan Menyenangkan), Penanaman
Karakter dan Hasil Belajar Matematika