Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati implementasi pembelajaran
behavioristik berbantuan media monopoli kelas IV SDN 2 Kesik. Pengamatan
dalam penelitian ini tentang Perilaku yang diamati oleh peneliti berupa perilaku
yang muncul dari sebagian besar siswa pada kelas yang diteliti. Berdasarkan hasil
penelitian muncul dua respon atau perilaku siswa, yaitu respon verbal dan respon
nonverbal. Bardasarkan penelitian yang telah dilakukan melalui pembelajaran
behavioristik berbantuan media monopoli.
Perilaku (behavioristik) dan penggunaan media monopoli dalam
pembelajaran di SDN 02 Kesik. Muncul tahap-tahap pembelajaran, tahap
pembelajaran tersebut adalah yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan
penutup, Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) dilihat dari
pengamatan bahwa siswa sangat antusias dan senang pembelajaran dengan
menggunakan media monopoli. (2) respon siswa dalam pembelajaran, sangat baik
dan bisa diterima dengan baik dan menyukai pembelajaran menggunakan media
monopoli (3) pada saat wawancara dengan guru kelas IV, bahwa pembelajaran
behavioristik berbantuan monopoli merupakan pembelajaran yang efektif untuk
bagaimana memberikan stimulus dan respon proses pembelajaran menjadi lebih
baik. Sehingga ada timbal balik komunikasi antara guru dan siswa
Kata kunci: implementasi pembelajaran behvioristik, media monopoli