Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh film kartun Naruto dapat
mempengaruhi perilaku agresif peserta didik sekolah dasar SDN 4 Montong Tangi.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis data
deskriptif-kualitatif menggunakan model Sugiyono berfungsi memberikan
gambaran pengaruh tayangan film kartun Naruto terhadap perilaku agresif peserta
didik sekolah dasar SDN 4 Montong Tangi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa
film kartun Naruto yang mengandung unsur kekerasan terhadap perilaku peserta
didik sekolah dasar SDN 4 Montong Tangi berpengaruh terhadap prilaku agresif
anak. Misalnya, sering menggangu teman dengan cara memukul, mencela,
menendang dan bahkan mencubit temannya. Dalam hal penampilan sebagian anak
mengikuti gaya penampilan seperti Naruto anak mengikuti gaya rambut Naruto,
kemudian ada juga yang menggunakan aksesoris berupa gelang dan tas yang
bergambar film Naruto. Simpulan penelitian ini adalah tayangan film kartun Naruto
berpengaruh terhadap perilaku agresif peserta didik dilihat dari hasil penelitian anak
banyak meniru adegan-adegan yang kurang mendidik dari tayangan film kartun
Naruro tersebut seperti berkelahi menggunakan kekerasan dan memberontak.
Kata Kunci : Film Kartun ,Unsur Kekerasan , Prilaku Agresif Pada Anak