Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan menyimak
siswa kelas V SDN 2 Janapria tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group
pretest and posttest yang dimasukan kedalam kategori pre eksperimental desain.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester ganjil SDN 2
Janapria yang terdiri dari 20 siswa. Dengan menggunakan teknik pengumpulan
data menggunakan tes pilihan ganda yang bertujuan untuk mengetahui
kemampuan dalam menyimak siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah
distribusi frekuensi dengan bantuan tabel distribusi frekuensi. Uji hipotesis
peneliti menggunakan kriteria pengelompokan siswa dengan perhitungan
presentase untuk sekala empat. Berdasarkan hasil hasil analisis dan uji hipotesis
diperoleh nilai rata-rata untuk pretest 62,7 dengan presentase 25% dan rata-rata
untuk posttes dengan menggunkan metode bercerita yaitu 76,3 dengan persentase
70%. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima adalah keterampilan
menyimak siswa kelas V SDN 2 Janapria Tahu Pelajaran 2019/2020 berada pada
kategori cukup atau sedang dengan presentase 70% sesuai dengan kriteria
penghitugan 56-74.
Kata kunci: Keterampilan Menyimak