Abstract :
Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui adanya
pengaruh penerapan Model Pembelajaran Brain Writing Terhadap Kemampuan
Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 4 Wanasaba Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian PreEksperimental. Populasi penelitian ini
yaitu semua siswa kelas V SDN 4 Wanasaba, dengan desain penelitian ( One
Group Pretest Posttest Desaign). Sedangkan teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah Tes Esai yang berjumlah 5 butir soal, untuk mendapatkan
data yang dibutuhkan dengan menggunakan pretest dan posttest. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji
Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Simpulan penelitian ini
adalah adanya pengaruh penerapan Model Pembelajaran Brain Writing
Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 4 Wanasaba Tahun
Pelajaran 2019/2020. Dengan hasil analisis data diperoleh, nilc cdai thitung =
19,845 dan ttabel = 1,729 pada taraf signifikan 5% sehingga thitung lebih besar
dari ttabel (19,845> 1,729), dengan demikian Ha di terima dan Ho ditolak.
Kata kunci : Model Pembelajaran Brain Writing; Kemampuan Menulis Puisi