DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INKUIRI BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWAKELAS X MA AL-MUKTARIYAH MAMBENLAUK TAHUN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
Ainiyati, Zurriyatul
Subject
Pembelajaran Ekonomi 
Datestamp
2021-01-12 06:48:36 
Abstract :
Zuriyyatul Ainiyati, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Guide Inkuiri Berbasis Multimedia Terhadap Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Ma Al-Muktariyah Mamben Lauk Tahun 2017/2018. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian eksprimen. Dimana penelitian eksprimen dapat dilakukan dilaboratorium, dikelas sedangkan penelitian naturalistic/kualitatif dilakukan dalam kondisi alamiah. Dalam penelitian ekprimen ada perlakuan sedangkan dalam penelitian naturalistic tidak ada perlakuan. Oleh karena itu eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan (Sugiono,2012:107) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tersebut dapat dilihat dari data pemahaman konsep berupa post-tes diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen yang menggunakan guide inkuiri adalah 73,3. Sedangkan nilai ratarata dari kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah adalah 62,43. Adapun data nilai aktivitas diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen yang menggunakan guide inkuiri adalah 74,01. Sedangkan nilai rata-rata dari kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah adalah 67,36. Perbedaan rata-rata kelas ini disebabkan adanya perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol bahwa dapat dikatakan nilai dikelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata–kata kunci : Guide Inkuiri, Multimedia, Aktivitas, Pemahaman Konsep. 

File :
SKRIPSI_.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi