Abstract :
Zuriyyatul Ainiyati, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Guide Inkuiri Berbasis
Multimedia Terhadap Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Ma
Al-Muktariyah Mamben Lauk Tahun 2017/2018. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian eksprimen.
Dimana penelitian eksprimen dapat dilakukan dilaboratorium, dikelas sedangkan
penelitian naturalistic/kualitatif dilakukan dalam kondisi alamiah. Dalam
penelitian ekprimen ada perlakuan sedangkan dalam penelitian naturalistic tidak
ada perlakuan. Oleh karena itu eksperimen dapat diartikan sebagai metode
penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap
yang lain dalam kondisi yang terkendalikan (Sugiono,2012:107)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tersebut dapat dilihat dari data
pemahaman konsep berupa post-tes diperoleh nilai rata-rata dari kelas
eksperimen yang menggunakan guide inkuiri adalah 73,3. Sedangkan nilai ratarata
dari kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah adalah 62,43. Adapun
data nilai aktivitas diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen yang
menggunakan guide inkuiri adalah 74,01. Sedangkan nilai rata-rata dari kelas
kontrol yang menggunakan metode ceramah adalah 67,36. Perbedaan rata-rata
kelas ini disebabkan adanya perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol bahwa dapat dikatakan nilai dikelas eksperimen lebih baik
dibandingkan dengan kelas kontrol.
Kata–kata kunci : Guide Inkuiri, Multimedia, Aktivitas, Pemahaman Konsep.