Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari
pengembangan media Pasar Berpikir pada mata pelajaran matematika dan untuk
mengetahui hasil pengembangan media pasar berpikir pada mata pelajaran
Matematika di Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model Borg and Gall yang telah dimodifikasi dalam tujuh
tahapan. Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 2
Kalijaga sebanyak 25 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan
data kuantiitatif dan kualitatif.Instrument pengumpulan data yang diperlukan
dalam penelitian ini adalah lembar validasi media oleh ahli materi dan ahli
media.Angket respon siswa terhadap pembelajaran Matematika pokok bahasan
operasi hitung campuran bilangan bulat, FPB, dan KPK, dan tes hasil belajar
siswa. Analisa data hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa media
pembelajaran dalam kategori valid berdasarkan konversi skor total yang
berjumlah 20 dengan skor rata-rata 2,85. Kategori baik berada dalam rentang
2,62≤X<3,25. Analisis data hasil validasi ahli media menunjukkan media
pembelajaran dalam kategori valid berdasarkan hasil conversi skor total yang
berjumlah 25 dengan rata-rata 2,77 , dengan kategori valid berada dalam rentang
2,62≤X<3,25. Sedangkan analisis data hasil uji coba berupa hasil belajar pada
posttest didapatkan nilai rata-rata 87,6 dengan persentase ketuntasan 92%, dari
posttest tersebut dapat diketahui bahwa posttest hasil belajar siswa meningkat dan
layak digunakan. Sedangkan dari hasil angket respon siswa dari 6 indikator siswa
merespon secara keseluruhan dengan persentase 99% menjawab ya dan 1%
menjawab tidak, sehingga disimpulkan bahwa media Pasar Berpikir mendapat
respon yang sangat baik dan layak untuk digunakan.
Kata kunci: Pengembangan , borg and gall, Media Pasar Berpikir