DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PASAR BERPIKIR” PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT, FPB, DAN KPK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 2 KALIJAGA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
SYARIF S., L.WAHYU M.
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-12 06:53:14 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan media Pasar Berpikir pada mata pelajaran matematika dan untuk mengetahui hasil pengembangan media pasar berpikir pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall yang telah dimodifikasi dalam tujuh tahapan. Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 2 Kalijaga sebanyak 25 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kuantiitatif dan kualitatif.Instrument pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah lembar validasi media oleh ahli materi dan ahli media.Angket respon siswa terhadap pembelajaran Matematika pokok bahasan operasi hitung campuran bilangan bulat, FPB, dan KPK, dan tes hasil belajar siswa. Analisa data hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran dalam kategori valid berdasarkan konversi skor total yang berjumlah 20 dengan skor rata-rata 2,85. Kategori baik berada dalam rentang 2,62≤X<3,25. Analisis data hasil validasi ahli media menunjukkan media pembelajaran dalam kategori valid berdasarkan hasil conversi skor total yang berjumlah 25 dengan rata-rata 2,77 , dengan kategori valid berada dalam rentang 2,62≤X<3,25. Sedangkan analisis data hasil uji coba berupa hasil belajar pada posttest didapatkan nilai rata-rata 87,6 dengan persentase ketuntasan 92%, dari posttest tersebut dapat diketahui bahwa posttest hasil belajar siswa meningkat dan layak digunakan. Sedangkan dari hasil angket respon siswa dari 6 indikator siswa merespon secara keseluruhan dengan persentase 99% menjawab ya dan 1% menjawab tidak, sehingga disimpulkan bahwa media Pasar Berpikir mendapat respon yang sangat baik dan layak untuk digunakan. Kata kunci: Pengembangan , borg and gall, Media Pasar Berpikir 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi