Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi
kerjasama kelas III SDN 7 Sukaraja tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis
penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian ini
menggunakan sampel Probability Sampling. Dari tiga kelas peneliti memilih 2
(dua) kelas sebagai sampel yaitu kelas III A sebagai kelompok kontrol yang
berjumlah 21 siswa dan kelas III C yang berjumlah 21 siswa sebagai kelompok
eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah True Experimental
bentuk Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan
Metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan uji t dua pihak dengan
taraf signifikansi 5 %. Hasil hipotesis menunjukan bahwa ttabel ≤ thitung ≥ ttabel atau
2.021 ≤ 3.182 ≥ 2.021 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar
siswa kelas 3 SDN 7 Sukaraja pada mata pelajaran IPS materi kerjasama tahun
pelajaran 2018/2019..
Kata Kunci: Pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa