DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (CTL) CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SDN 7 SUKARAJA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERJASAMA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
SRIANI, LAELA
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-12 07:04:22 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kerjasama kelas III SDN 7 Sukaraja tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian ini menggunakan sampel Probability Sampling. Dari tiga kelas peneliti memilih 2 (dua) kelas sebagai sampel yaitu kelas III A sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 21 siswa dan kelas III C yang berjumlah 21 siswa sebagai kelompok eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah True Experimental bentuk Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan Metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan uji t dua pihak dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil hipotesis menunjukan bahwa ttabel ≤ thitung ≥ ttabel atau 2.021 ≤ 3.182 ≥ 2.021 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SDN 7 Sukaraja pada mata pelajaran IPS materi kerjasama tahun pelajaran 2018/2019.. Kata Kunci: Pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi