Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan
kecerdasan emosional dan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar
siswa kelas IV SDN 3 Tebaban, Kecamatan Suralaga Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
deskriftif, populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas IV SDN 3
Tebaban yang berjumlah 30 orang siswa. Tekhnik yang digunakan dalam
pengumpulan data yaitu menggunakan instrumen angket dari masing-masing
variabel. Analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi
sederhana untuk hipotesis X1Y dan X2Y, sementara untuk hipotesis X1X2Y
menggunakan rumus korelasi ganda.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan rumus uji korelasi
sederhana diperoleh hasil rhitung > rtabel (0,61 > 0,355) untuk hipotesis X1Y dan
untuk hipotesis X2Y memperoleh rhitung > rtabel (0,50> 0,355) sementara untuk
hipotesis X1X2Y digunakan rumus uji korelasi ganda dengan memperoleh rhitung
> rtabel (0,65 > 0,355) hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan
antara kecerdasan emosional dengan pola asuh orang tua secara bersamasama terhadap motivasi belajar siswa SDN 3 Tebaban, Kecamatan Suralaga.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosonal, Pola Asuh Orang Tua Dan Motivasi Belajar.