DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 TEBABAN KECAMATAN SURALAGA TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
KURNIAWATI, LAELAN
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-12 07:08:19 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan kecerdasan emosional dan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 3 Tebaban, Kecamatan Suralaga Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriftif, populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas IV SDN 3 Tebaban yang berjumlah 30 orang siswa. Tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan instrumen angket dari masing-masing variabel. Analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi sederhana untuk hipotesis X1Y dan X2Y, sementara untuk hipotesis X1X2Y menggunakan rumus korelasi ganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan rumus uji korelasi sederhana diperoleh hasil rhitung > rtabel (0,61 > 0,355) untuk hipotesis X1Y dan untuk hipotesis X2Y memperoleh rhitung > rtabel (0,50> 0,355) sementara untuk hipotesis X1X2Y digunakan rumus uji korelasi ganda dengan memperoleh rhitung > rtabel (0,65 > 0,355) hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan pola asuh orang tua secara bersamasama terhadap motivasi belajar siswa SDN 3 Tebaban, Kecamatan Suralaga. Kata Kunci: Kecerdasan Emosonal, Pola Asuh Orang Tua Dan Motivasi Belajar. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi