Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran magic
disc pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1 SDN 2 Kembang Sari pokok
bahasan membaca permulaan tahun pelajaran 2018/2019. Jenis metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D).
Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall ia yang terdiri dari
9 tahapan yang disederhanakan yaitu 1) Penelitian dan pengumpulan data (research
and information collection), 2) Perencanaan (planning), 3) Pengembangan draf
produk (depelopt preliminary form of product), 4) Uji coba lapangan awal
(preliminary field testing), 5) Merevisi hasil uji coba (main product revision), 6) Uji
coba lapangan (main field testing), 7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan
(operasional product revision), 8) uji Pelaksanaan lapangan (operasional field
testing), 9) Penyempurnaan produk akhir (final product revision). Subyek penelitian
adalah siswa kelas I SDN 2 Kembang Sari sebanyak 20 orang. Penilaian produk
melalui tahap validasi ahli media, ahli materi dan uji coba lapangan. Hasil yang
diproleh dari ahli media adalah 54,36 ˂ X ≤ 67,08 dengan kategori “baik†dan hasil
validasi ahli materi adalah X ˃ berada pada kategori “sangat baikâ€. Data hasil tes
belajar siswa didapatkan nilai rata-rata 85% siswa dari 20 siswa dengan ketuntasan
klasikal 85 %. Selain itu, angket respon siswa terhadap produk yang dikembangkan
diproleh 82,4% siswa yang menjawab “ya†dan 17,6% siswa yang menjawab “tidakâ€
, dengan kategori “sangat meresponâ€. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media pembelajaran magic disc atau penggunaan pada mata pelajaran
bahasa Indonesia pokok bahasan membaca permulaan kelas 1 SDN 2 Kembangsari
layak digunakan.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Magic Disc, Bahasa Indonesia