Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa media
pembelajaran yang layak dan efesien untuk digunakan pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia materi kosa kata baku dan tidak baku yang diterapkan di kelas
V MI NW No 4 Pancor. Media pembelajaran Board Game ular tangga merupakan
media yang dipilih untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran karena jika
hanya dengan menggunakan buku paket mata pembelajaran dirasakan kurang
bervariasi dan kurang inovatif sehingga materi yang disampaikan kurang bisa
diterima oleh siswa. Pengembangan media Board Game ular tangga dilakukan
dengan menggunakan model pengembangan R&D Borg and Gall dalam Sugiyono
(2017:409). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan observasi.
Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi mendapatkan nilai rata-rata sebesar
4,07 dengan katagori “Baik†dan ahli media mendapatkan nilai rata-rata sebesar
4,2 dengan katagori “Baikâ€. Sedangkan hasil validasi yang diperoleh dari angket
respon siswa mendapatkan nilai 180 dengan persentse keseluruhan 75% dengan
katagori “Baik†dan hasil validasi lembar observasi siswa mendapatkan nilai ratarata 1 dengan persentase sebesar 80%. Berdasarkan hasil analisis data validasi dan
observasi, maka dapat disimpulkan bahwa media Board Game ular tangga mata
pelajaran Bahasa Indonesia materi kosa kata baku dan tidak baku, layak dan
efektif bagi siswa kelas V MI NW No 4 Pancor.
Kata Kunci : Pengembanngan, Media Board Game Ular Tangga, Bahasa
Indonesia