Abstract :
Harisatun Toyyibah.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing
Terhadap Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Terhadap Penguasaan
Konsep Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X SMA NW Pancor
Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi.
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Hamzanwadi.
Pembimbing : (1) Zalia Muspita, M.Pd and (2) Dr. Muhammad Ali, M.Si
Kata Kunci :Role Playing, Aktivitas dan Pemahaman Konsep
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Role Playing terhadap
aktivitas dan pemahaman konsep pelajaran Ekonomi. Adapun pernyataan masalah
yang dirumuskan. Apakah ada pengaruh model pembelajaran Role Playing
disampingkan terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas X SMA NW Pancor
Tahun Pelajaran 2017/2018? Apakah ada pengaruh model pembelajaran Role
Playing terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA NW Pancor
Tahun Pelajaran 2017/2018.? Apakah ada pengaruh model pembelajaran Role
playing secara bersama terhadap terhadap aktivitas dan pemahan konsep peserta
didik Kelas X SMA NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018?
Tehnik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel biasa
dan kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol diambil
sebagai sample yang terdiri dari 26 dan 27 siswa. Untuk mengumpulkan data, tes
awal diberikan kepada siswa sebelum perlakuan dan tes ahir diberikan setelah
perlakuan. Instrumen dari penelitian ini adalah pilihan ganda. Dalam menganalisa
data menggunakan SPSS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes.
Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji homogentitas dan uji
hipotesis menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil dari analisis data, rata-rata
skor dari tes awal pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 50.00 dan ratarata
skor dari tes ahir adalah 72.00, hasil tes ahir pada kelas kontrol adalah 50.00
dan rata-rata skor dari tes ahir adalah 72.00 Artinya bahwa rata-rata skor dari tes
ahir lebih tinggi dari pada tes awal. Dalam menguji hipotesa, peneliti telah
menemukan bahwa t ( df = 25 ) = -5.566, p=<0.001. ini menunjukkan bahwa nilai
dari tingkat signifikan (nilai p) adalah jauh dibawah 0.05. Artinya bahwa ada
perbedaan yang signifikan rata-rata skor dari tes awal dan tes ahir. Ini
menunjukkan bahwa, Role Playing signifikan efektif dalam pengajaran Ekonomi
untuk siswa kelas X di SMA NW Pancor pada tahun ajaran 2017/2018.