Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul student
planner terhadap pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas VI SDN 3
Sambelia tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen
kuasi (quasi eksperimental) dengan desain penelitian non ekuivalen (nonequivalent control group design). Peneletian ini merupakan penelitian populasi
karena semua populasi dijadikan sampel yeitu seluruh siswa kelas VI SDN 3
Sambelia tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 44 siswa dengan ketentuan
kelas A 22 siswa sebegai kelas eksperimen dan kelas B 22 siswa sebagai kelas
kontrol. Adapun teknik teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan modul student planner terhadap karakter
tanggung jawab siswa yaitu non tes berupa kuisioner/angket. Setelah penelitian
dilakukan data kemudian dianalisis menggunakan menggunakan uji-t. Hasil
analisis menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (3,21 > 1,68) yang berati Hoditolak
dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan
modul student planner terhadap karakter tanggung jawab siswa kelas VI SDN 3
Sambelia tahun ajaran 2019/2020.
Kata Kunci : modul student planner, karakter tanggung jawab siswa