Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode kooperatif co-op coop untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN 04
Masbagik Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 04
Masbagik Utara yang berjumlah 31 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa,
terdiri dari 19 siswa putra dan 12 siswa putri. Penelitian ini berlangsung dalam dua
siklus dengan menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Taggart melalui 4 tahapan
yaitu perencanaan, tindakan, refleksi dan revisi. Instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi dan angket siswa. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini ditandai dengan nilai ratarata pada siklus I sebesar 36,45 meningkat menjadi 74,29 nilai rata-rata pada siklus II,
siswa belum mencapai KKM, Siklus II 74,1% siswa mencapai KKM dan nilai ratarata kelas sebesar > 75.
Kata kunci : Keterampilan Menulis Puisi dengan menggunakan metode
kooperatif co-op co-op