Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh film animasi pada
pembelajaran IPS terhadap motivasi siswa kelas V MI 2 Pancor Tahun
pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen
beralokasi di MI 2 Pancor. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Uji
prasyarat dilakukan dengan ui normalitas data. Dianalisa dengan uji t-tes untuk
pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap motivasi belajar mata
pelajaran IPS Siswa Kelas I MI 2 Pancor tahu pelajaran 2018/2019. Dari hasil ini
disimpulkan bahwa (1) motivasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V MI 2
Pancor tahun pelajaran 2018/2019 pada tes pratindakan tergolong tinggi (56%).
(2) motivasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V MI 2 Pancor tahun pelajaran
2018/2019 menggunakan media film animasi tergolong tinggi (80%), lebih tinggi
dari hasil pratindakan. (3) Hasil analisis data dengan Independet sample t-test
diperoleh nilai thitung sebesar 2,072. Karena nilai thitung sebesar 2,072 > ttabel sebesar
1,669 pada taraf signifikansi 5%, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan media film animasi dalam meningkatkan motivasi
belajar IPS siswa kelas V MI 2 Pancor tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Media Film Animasi, Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS