Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Prosedur pengembangan terdiri dari analisis kebutuhan,
perancangan awal produk, realisasi produk, uji coba lapangan, mengukur tingkat
keaktifan. Validasi produk dilakukan oleh 2 orang ahli yaitu ahli materi dan ahli
bahasa. Uji coba lapangan dilakukan di kelas X-A MA DA JEROWARU. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan
tes. Analisis data dilakukan dengan mencari skor rata-rata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran layak
digunakan untuk pembelajaran Ekonomi materi masalah ekonomi bagi siswa
kelas X- IPS MA DA JEROWARU. Hal itu ditunjukkan oleh: (1) Hasil penilaian
terhadap produk berupa LKS menunjukkan sudah layak atau sudah baik dengan
skor rata 4,1 pada penilaian ahli materi dan 4,0 pada penilaian ahli bahasa; (2)
Penilaian kepraktisan pada RPP dan LKS sudah mencapai keriteria sangat praktis
dengan skor rata-rata 4,4 pada LKS dan 4,3 pada RPP. (3) hasil penilaian
keaktifan siswa menunjukkan adanya perbedaan persentase sebelum dan sesudah
menggunakan perangkat pembelajaran yaitu peningkatan keaktifan sebelumnya
19.5% menjadi 26% (4) Hasil belajar siswa meningkat atau sangat baik yang
ditunjukkan dengan skor rata-rata 4,4.
Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat pembelajaran, Model Cooperative
Learning, Media Gambar Realita, Keaktifan Belajar