DETAIL DOCUMENT
“PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR REALITA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X MA DA JEROWARU TAHUN PELAJARAN 2017/2018”.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HILMUNAYANI, HILMUNAYANI
Subject
Pembelajaran Ekonomi 
Datestamp
2021-01-13 01:37:51 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan terdiri dari analisis kebutuhan, perancangan awal produk, realisasi produk, uji coba lapangan, mengukur tingkat keaktifan. Validasi produk dilakukan oleh 2 orang ahli yaitu ahli materi dan ahli bahasa. Uji coba lapangan dilakukan di kelas X-A MA DA JEROWARU. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Analisis data dilakukan dengan mencari skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan untuk pembelajaran Ekonomi materi masalah ekonomi bagi siswa kelas X- IPS MA DA JEROWARU. Hal itu ditunjukkan oleh: (1) Hasil penilaian terhadap produk berupa LKS menunjukkan sudah layak atau sudah baik dengan skor rata 4,1 pada penilaian ahli materi dan 4,0 pada penilaian ahli bahasa; (2) Penilaian kepraktisan pada RPP dan LKS sudah mencapai keriteria sangat praktis dengan skor rata-rata 4,4 pada LKS dan 4,3 pada RPP. (3) hasil penilaian keaktifan siswa menunjukkan adanya perbedaan persentase sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran yaitu peningkatan keaktifan sebelumnya 19.5% menjadi 26% (4) Hasil belajar siswa meningkat atau sangat baik yang ditunjukkan dengan skor rata-rata 4,4. Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat pembelajaran, Model Cooperative Learning, Media Gambar Realita, Keaktifan Belajar 

File :
SKRIPSI_.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi