Abstract :
Jumak Yah, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Masalah Ekonomi Kelas X MA NW Senyiur Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA NW Senyiur tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas X IPA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X IPS sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test and post-test group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan polled varians. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,46 > 2,03) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperativa tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan masalah ekonomi kelas X di MA NW Senyiur tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.