Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar
berbasis kolaboratif disertai asesmen teman sejawat, untuk mengetahui kelayakan
bahan ajar berbasis kolaboratif disertai asesmen teman sejawat digunakan dalam
proses pembelajaran, untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap bahan
ajar berbasis kolaboratif disertai asesmen teman sejawat yang dikembangkan dan
untuk mengetahui pengaruh pengembangam bahan ajar berbasis kolaboratif
disertai asesmen teman sejawat terhadap kreativitas belajar.Jenis penelitian ini
menggunakan metode pengembangan. Obyek uji cobadalam penelitian ini adalah
bahan ajar ekonomi berbasis kolaboratif disertai asesmen teman sejawat .
Sedangkan subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1
Masbagik kelas X IPS 1 dengan jumlah total subyek uji coba ada 30 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar dan teknik
analisis data menggunakan konversi penilaian skala lima.Hasil validasi dari ahli
materiahli bahasa dan ahli desain menunjukkan kualifikasi sangat layak dengan
persentase masing-masing secara berurutan sebesar 88% dan 85%. Penilaian guru
mata pelajaran ekonomi kelas X sebesar 81% dengan kriteria sangat baik, respon
siswa terhadap bahan ajar sebesar 88%. pada aktifitas belajar siswa melalui
observasi asesmen teman sejawat sebesar 76% dengan kriteria aktif. Sedangkan
ketuntasan belajar menunjukkan presentase 80% dengan nilai tertinggi siswa 90
dan terendah 55. sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar
ekonomi berbasis kolaboratif disertai asesmen teman sejawat di SMAN 1
Masbagik tahun pelajaran 2017/2018 layak digunakan dalam proses pembelajaran
dikelas.
Kata kunci : bahan ajar, kolaboratif, asesmen teman sejawat, kelas X,
ekonomi