Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Auditory,
Intellectualy, Repetition (AIR) Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi
Siswa Kelas V MI NW NO 2 Kelayu TA 2018-2019. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental dengan jenis penelitian
one group pretest posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik
sampling jenuh. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa.Tekhnik pengumpulan data
digunakan tes unjuk kerja. Uji prasyarat yang digunakan adalah Liliefors untuk
menguji normalitas data. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa
populasi berditribusi normal. Data dianalisis dengan uji normalitas data dengan
rumus liliefors dan uji hipotesis dengan rumus uji t-test. Dari hasil pengujian
tersebut didapatkan data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil pretest
didapatkan nilai rata-rata yaitu -0,01124 sedangkan pada posttest didapatkan nilai
rata-rata yaitu 0,04704. Dari hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji
t didapatkan hasil yaitu pada tes belajar siswa yakni 20,179
dengan derajat kebebasan (db)= 34, dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan
demikian Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa Model
Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) berpengaruh terhadap Keterampilan
Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V.
Kata Kunci: Model Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR), Keterampilan
Menulis Karangan Narasi