Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran
yang sesuai dengan materi peredaran darah manusia dan mengetahui kelayakan
media. Data dari hasil validasi ahli media yang terdiri dari 17 aspek indikator
dengan skor keseluruhan 72, dan rata-rata nilai 4,2. Media labirin game berada
pada rentan X > 71, menunjukkan bahwa media labirin game dalam kategori
“sangat baikâ€.Sedangkan berdasarkan hasil dari validasi ahli materi menunjukkan
bahwa dari 15 aspek indikator penilaian dengan skor keseluruhan 65 dengan ratarata 4,3. Dari hasil tersebut secara keseluruhan validator memberikan kategori
“sangat baikâ€. Nilai yang di peroleh dari lembar observasi terdiri dari 11 aspek
indikaor dengan peresentase aktivitas siswa 100% yang berada pada kategori
“sangat baikâ€, Dan hasil angket respon siswa skor maksimal idealnya sebanyak
230 dengan presentasi 100% yang berkategori “sangat baikâ€. Dapat disimpulkan
bahwa media labirin game layak digunakan dalam pembelajaran ilmu
pengetahuan alamkelas V SDN 3 Paokmotong.
Kata kunci: pengembangan media labirin game, pada pembelajaran
ilmupengetahuan alam.