Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD tematik berbasis kearifan
lokal pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall. Dari 10
tahapan yang ada, yang digunakan hanya 7 tahap yaitu penelitian dan
pengumpulan data, prencanaan, pengembangan draft produk, uji validasi ahli,
revisi produk, uji coba lapangan dan revisi produk akhir. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IV SDN 01 Masbagik Utara sebanyak 37 orang siswa.
Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi lembar validasi ahli, dan
angket minat. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kualitatif dan
kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
perhitungan menggunakan skala lima untuk analisis hasil validasi dan skala
guttman untuk angket minat. Hasil validasi dari ke dua ahli yaitu ahli materi dan
ahli Bahasa menunjukkan kualifikasi dari kedua-duanya yaitu baik dengan
jumlah nilai untuk ahli materi adalah 70 dengan rata-rata 4,67 sedangkan nilai dari
ahli bahasa berjumlah 32 dengan rata-rata 4. Hasil minat siswa pada uji coba
lapangan memperoleh nilai total 185 dengan persentase responden yang
menjawab “Ya†sebesar 97,3% dan persentase responden yang menjawab “Tidakâ€
sebesar 2,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat siswa pada LKPD
tematik berbasis kearifan lokal adalah berada pada kategori “sangat meresponâ€.
Kata Kunci: LKPD tematik berbasis kearifan lokal.