Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran PKn
Berbasis Budaya Lokal Terhadap Minat Belajar Siswa kelas IV SDN 4 Semaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. jenis data dalam penelitian ini
adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran
PKn berbasis budaya lokal terhadap minat belajar sisiwa kelas IV SDN 4 Semaya
, dilihat dari hasil obesrvasi menujukan skor total 28, skor maksimal 30, rata-rata
2,8 dan persentasenya 93,3. Dari hasi kusioner (angket) menunjukan sebanyak 21
respenden memiliki kreteria sangat baik : 10 siwa, yang memiliki kreteria baik : 7
siswa, yang memiliki kereteria kurang baik : 4 siswa, dan yang memiliki kereteria
tidak baik : 0 siswa, sehingga dari hasil nilai rata-rata siswa 25,24 berada pada
kereteria baik. Dan dilihat dari hasil wawancara bahwa peroleh jawaban yang
menujukan bahwa siswa dan siswi kelas 4 SDN 4 semaya dengan pembelajaran
PKn berbasi budaya local minat belajar siswa meningkat. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran pkn berbasis budaya lokal terhadap
minat belajar siswa kelas IV SDN 4 Semaya meningkat.
Kata Kunci: kualitatif, budaya lokal, dan minat belajar