Abstract :
Lely Sastri wahyuni (2018), Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan bahan ajar ekonomi dengan pola Think Pair Share untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Aikmel. Pada
penelitian dan pengembangan ini, peneliti memodifikasi dan menyederhanakan
model pengembangan Sugiyono (2016:298). Penelitian ini membatasi 10
langkah pengembangan Sugiyono (2016:298) menjadi 9 tahap pengembangan,
yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4)
validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji
coba pemakaian, (9) revisi produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan hasil validasi terhadap
rancangan pengembangan bahan ajar ekonomidengan kriteria nilai minimal C
(Cukup). Maka hasil validasi terhadap rancangan pengembangan bahan ajaroleh
Ahli Materi Ekonomi dengan nilai rata-rata 3,80 dengan kriteria “baik†(B), Ahli
Media bahan ajar memberikan nilai rata-rata 3,46 dengan kriteria “baik†(B),
dan Ahli Bahasa memberikan nilai rata-rata 3,92 dengan kriteria “baik†(B),
sehingga dapat dinyatakan bahwa rancangan pengembangan Bahan Ajar (Modul)
“Layak†untuk dilakukan uji coba. Karena rancangan pengembangan bahan
ajar memperoleh nilai rata-rata pada kriteria lebih dari dan atau sama dengan
kriteria nilai minimal yang ditetapkan.
Selanjutnya, berdasarkan tanggapan/penilaian oleh guru mata pelajaran
ekonomi dan siswa SMA Negeri 2 Aikmel terhadap produk bahan ajar (Modul)
dengan kriteria nilai minimal C (Cukup). Guru mata pelajaran ekonomi
memberikan nilai rata-rata 4,71 dengan kriteria “Ssangat Baik†(A), sedangkan
tanggapan/penilaian seluruh siswa setelah menggunakan produk Bahan Ajar
memperoleh nilai rata-rata 4,27 dengan kriteria “Sangat Baik†(A). Maka
tanggapan/penilaian oleh guru mata pelajaran ekonomi dan siswa SMA Negeri 2
Aikmel dapat dinyatakan bahwa Bahan Ajar “Layak†untuk digunakan dalam
proses pembelajaran. Karena produk berupa Modulmemperoleh nilai rata-rata
pada kriteria lebih dari kriteria nilai minimal yang ditetapkan.
Kata kunci: Pengembangan,Think Pair Share, Hasil Belajar