Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran contextual teaching and learning dengan pendekatan
konstruktivisme terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada mata pelajaran
bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 1 Wanasaba. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksprimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1
Wanasaba. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Kelas V
SDN 1 Wanasaba sebagai kelas eksprimen, sedangkan kelas V SDN 1 Karang
Baru sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttestonly control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay. Sebelum
data dianalisis, instrument diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian dilakukan
analisis hasil posttest kelas eksprimen dan kelas kontrol. Jenis data yang
didapatkan yaitu berupa tes hasil keterampilan menulis Cerita Pendek. Hasil tes
pada posttest untuk kelas eksprimen mencapai rata-rata 75,55 (kategori baik),
sedangkan hasil posttest kelas kontrol mencapai rata-rata mencapai 53,91
(kategori kurang). Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data
dengan chi-kuadrat, uji homogentitas data dengan membandingan Fhitung dengan
Ftabel. Sedangkan untuk teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-test. Untuk
hasil uji hipotesis diperoleh > yaitu 5,457>2,023. Hal ini berarti
bahwa Ha diteima Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan pada penerapan model pembelajaran contextual teachng and
learning dengan pendekatan konstruktivisme terhadap keterampilan menulis cerita
pendek pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 1 Wanasaba
tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan
pendekatan konstruktivisme, keterampilan menulis Cerita Pendek.