Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh film kartun Upin Ipin
terhadap perilaku imitasi siswa kelas IV MI NW I Kelayu Tahun Ajaran
2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IV. Jumlah objek
yang diteliti adalah 13 orang siswa Tekhnik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, quisioner/angket, dan dokumentasi.
Tekhnik analisis data menggunakan 3 tahap. Tahap yang pertama adalah
data reduksi yaitu merangkum, memilih hal-hal yang pokok, dan
memfokuskan pada hal-hal yang penting. Yang kedua adalah penyajian
data dapat dilakukan dalam bentuk uraian singkat. Yang ketiga adalah
verification yatu menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini Upin Ipin adalah
97% tayangan baik karena mengandung nilai pendidikan, mengandung
nilai moral, mengandung nilai toleransi, dan mengandung nilai tanggung
jawab. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh film kartun Upin Ipin
terhadap perilaku imitasi anak.
Kata Kunci: Film Kartun Upin Ipin, Perilaku Imitasi