Abstract :
Rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika
disebabkan karena semangat dan minat dalam belajar masih rendah. Hal ini
disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran yang masih
berisifat konvensional. Dengan menggunakan poster pembelajaran dapat menjadi
alternatif dan solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh poster pembelajaran matematika terhadap
hasil belajar siswa kelas IV SDI Al-Barokah Kalijaga Tengah Tahun Pelajaran
2017/2018.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen adapun bentuk preexpimental yang digunakan adalah dengan model One Grup Pretest Postest
Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SDI Kalijaga Tengah
sebanyak 19 siswa. Sampel didapatkan dengan teknik sampling jenuh yaitu teknik
penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel karna
jumlah populasi relatif kecil, kurang dari 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post-tes siswa meningkat
dibandingkan hasil pre-tes yaitu sebelum menggunakan poster pembelajaran.
Berdasarkan hasil post-tes siswa pada ujicoba lapangan yang dilaksanakan si SDI
Kalijaga Tengah diperoleh rata- rata nilai siswa 75,131, sedangkan hasil pre-tes
siswa di peroleh nilai rata-rata 68,289. Untuk mengetahui teknik pengumpulan
data menggunakan tes hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t satu
pihak. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,175 > 2,07
yang berarti Ho ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan: ada pengaruh positif poster
pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI al- barokah
Kalijaga tengah tahun pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: Poster pembelajaran matematika, Hasil belajar.