Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pokok
bahasan bilangan keas III SDN 1 Masbagik Timur tahun pelajaran 2019/2020.
dalam penelitian ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian
digunakan metode penelitian eksperimen dengan Nonequivalent Control Group
Design. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SDN 1
Masbagik Timur yang berjumlah 22 siswa di kelas eksperimen dan 21 siswa di
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dengan
10 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan distribusi normal,
homogenitas dan hipotesisi. Berdasasarkan hasil validitas soal terdapat 17 soal
valid dari 25 soal yang di ujikan, reliabel soal 0,532 bergategori cukup, 23 soal
kategori sedang,dan 6 soal berkategosi baik, 13 cukup dan 6 jelek. Sedangkan
Berdasarkan data yang di peroleh peneliti setelah melakukan penelitian postest di
kelas ekperimen nilai rata 78,9, nilai rata-rata kelas kontrol 71. Nilai data setela di
uji diperoleh 9,491 > 11,070 kelas esksperimen dan 8,757 > 11,070 pada uji
normalitas kedua data artinya data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan hasil
Fhitung< Ftabel 1,03 < 2,09 pada uji homogenitas, yang artinya berarti kedua
kelompok tersebut berasal dari homogen yang sama. Uji hipotesisi 2,07 > 2,02,
maka hipotesisnya berbunyi “Ha†diterima seangkan “Ho†di tolak berarti
“Terdapat pengaruh model pembeljaran Realistic Mathematic Education (RME)
terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan bilangan kelas III SDN 1 Masbagik
Timur Tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci : Model Realistic Mathematic Education (RME), Hasil Belajar