DETAIL DOCUMENT
MENIGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA MELALUI MODEL STAD PADA KELAS V SDN 1 MASBAGIK UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
SAADAH, MIKRAJUS
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-14 03:10:09 
Abstract :
Dalam penelitian ini proses belajar mengajar pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN 1 Masbagik Utara menglami hambatan dalam belajar, yaitu masih ada siswa pada hasil belajar nya di bawah keriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 terutama dalam membaca pemahaman sangat sulit ditemukan siswa giat dalam membaca dan berinteraksi dengan teman kelasnya. Kondisi ini yang melatar belakangi peneliti untuk menggunakan model STAD di gunakan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Dengan begitu untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi oleh siswa dalam proses belajar nya supaya lebih hidup atau lebih aktif dari sebelumnya guru sebaiknya menggunakan dan memaksimalkan metode dalam proses belajar.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas( PTK), di mana Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki beberapa siklus keberhasilan siswa dalam Kereteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam kemampuan membaca pemaham siswa. Hasil penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa dengan melalui model STAD pada siswa Kelas V SDN 1 Masbagik Utara, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I 74,71. Sedangkan pada siklus ke II nilai rata-rata siswa mencapai 75,2, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca pemhaman siswa Kelas V SDN 1 Masbagik Utara. Kata Kunci: meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa dengan melalui model STAD 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi