Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah hubungan literasi numerasi
terhadap penyelesaian soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV
SD Negeri 6 Masbagik Utara.Literasi numerasi merupakan kemampuan terhadap
simbol-simbol dan bilangan matematika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, desain penelitian
korelasi sederhana atau korelasi bivarian (bivariate correlation).Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SDN 6 Masbagik Utara yang
berjumlah 21 siswa .Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling
menggunakan simple randomsampling.Teknik pengumpulan data menggunakan
lembar angket, lembar observasi dan dokumentasi.Untuk uji normalitas
menggunakan chi-kuadrat. Adapun uji hipotesis penelitian menggunakan regresi
sederhana dan rumus product moment dengan taraf signifikan 5%.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh rhitung>rtabel
(0,801>0,433), sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ha di terima dan Ho
ditolak.Kesimpulanya terdapat hubungan positif dan signifikan antara literasi
numerasi dengan penyelesaian soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa
kelas IVA SD Negeri 6 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Literasi Numerasi, dan Penyelesaian Soal Cerita