Abstract :
Pembelajaran matematika di MI NW Sukamulia Khususnya kelas V masih
bersifat konvensional (teacher centered learning) sehingga out-put pembelajaran
hanya mampu mengembangkan aspek kognitif siswa saja. Oleh karena itu
dibutuhkan salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan ketiga
aspek perkembangan siswa (kognitif, apektif, dan psikomotorik) yaitu dengan
model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini bertujuan un tuk
mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
TPS dan penanaman karakter kerjasama siswa terhadap hasil belajar matematika
kelas V MI NW Sukamulia tahun pelajaran 2018/2019. Adapun populasi yang
digunakan yaitu kelas VA dan VB dengan jumlah siswa sebanyak 51, kemudian
ditentukan sampel penelitian menggunakan random sampling sehingga
didapatakan siswa pada masing-masing kelas sebanyak 15 orang. Model
pembelajaran kooperatif tipe TPS dilaksanakan melalui tiga tahap: (1) thinking
(berfikir), (2) pairing (berpasangan), dan (3) sharing (berbagi). Proses
pembelajaran TPS memberikan waktu berfikir kepada siswa untuk meningkatkan
kualitas responnya, siswa dapat belajar dari temannya dan siswa lain dalam
kelompoknya mempunyai kesempatan berbagi dan menyampaikan idenya. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan 3 variabel yaitu
variabel bebas, moderator, dan terikat. Data hasil belajar dikumpulkan melalui
pengukuran tes (post-test) sedangkan penanaman karakter kerjasama siswa diukur
menggunakan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan
deskriptif data untuk keperluan pengkategorian. Berdasarkan hasil pengamatan
dan analisis data pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,33
dengan kategori tinggi sedangkan penanaman karakter kerjasama siswa memiliki
rata-rata 23,7 dengan kategori nampak. Berdasarkan penghitungan hipotesis
dengan menggunakan anava satu jalur (one way anava) didapatkan nilai F-empirik
(F-hitung) sebesar 7,403 dan F-teoritik (F-tabel) sebesar 3,32 yang diperoleh dari
dba = 2 dan dbd = 42 dengan taraf signifikansi 5%. Oleh karena F-empirik lebih
besar dari F-teoritik (7,403 > 3,32) maka hipotesis diterima artinya model
pembelajaran kooperatif tipe TPS dan penanaman karakter kerjasama berpengaruh
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI NW Sukamulia tahun
pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe TPS, Penanaman Karakter dan Hasil
Belajar Matematika