Abstract :
Penelitian pengembangan ini bertujuan mendeskripsikan langkah pengembangan
Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Game Adobe Flash CS3 pada materi penjumlahan dan
pengurangan kelas II Sekolah Dasar memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and
Development), langkah-langkah berpedoman pada model ADDEI yaitu: (1) Analisis,
(2)Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5)Evaluasi. Subjek penelitian ini
adalah 19 siswa kelas II di MI NW Bungtiang. Instrument yang digunakan untuk
mengukur kevalidan Bahan Ajar yang dikembangkan ini adalah angket penilaian oleh ahli
materi dan ahli tampilan, untuk mengukur aspek kepraktisan Bahan Ajar Game Edukasi.
Kevalidan Bahan Ajar dinilai dari penilaian para ahli dengan skor maksimal 4 untuk tiap
pernyataan ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 4 dan ahli tampilan mendapat nilai
rata-rata 3,6 yang berarti valid, sedangkan respon siswa terhadap Bahan Ajar Game
Edukasi memperoleh nilai rata-rata 4,2yang berarti sangat menarik dan Bahan Ajar Game
Edukasi dikatakan sebagai bahan ajar yang efektif ditinjau dari hasil belajar siswa kelas II
MI NW Bungtiang.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Aplikasi Game Adobe Flash