Abstract :
Berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan, siswa tidak
mengerjakan tugas yang diberikan guru disekolahada juga siswa yang sering
mengganggu temannya yang lain yang sedang belajar. Sehingga
Penelitimengangkat permasalahan ini. Tujuan penelitian ini untuk menegetahui
bagaiamana pengaruh reinforcement positif terhadap perilaku siswa Sekolah
Dasar kelas IV pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan di Desa Kuang Baru
Kecamatan Sakra. Jenis penelitian inimenggunakan metode eksperimen dan
desain penelitian yang digunakan adalah survei korelasi dengan pendekatan
kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Sakra
dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
perilaku siswa. Teknik analis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis
menggunakan uji –t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: perlakuan sebelum
memberikan reinforcemen posistif(X2hitung = 7,952 dan X2tabel = 11,070),
sedangkan sesuduh memberikan perlakuan reinforcement positif (X2hitung = 4,85
dan X2tabel = 11,070). Uji hipotesis diperoleh hasil menunjukkan bahwa =
1,75 dan ttabelyaitu = 2,086. Artinya thitung< ttabel yang berarti Hoditerima dan Ha
ditolak, sehingga dapatdisimpulkan bahwa tidak ada pengaruhreinforcement
positifterhadap perilaku siswa kelas IV pada tema 1 indahnya kebersamaan di
SDN 3 Sakra diDesa Kuang Baru kecamatan Sakra tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci : Reinforcement Positif , Perilaku Siswa