DETAIL DOCUMENT
PENGARUH REINFORCEMENT POSITIF TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS IV PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN DI SDN 3 SAKRA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
KURTUBI, MUHAMAD IMAM
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-14 04:29:59 
Abstract :
Berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan, siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru disekolahada juga siswa yang sering mengganggu temannya yang lain yang sedang belajar. Sehingga Penelitimengangkat permasalahan ini. Tujuan penelitian ini untuk menegetahui bagaiamana pengaruh reinforcement positif terhadap perilaku siswa Sekolah Dasar kelas IV pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan di Desa Kuang Baru Kecamatan Sakra. Jenis penelitian inimenggunakan metode eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah survei korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Sakra dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket perilaku siswa. Teknik analis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji –t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: perlakuan sebelum memberikan reinforcemen posistif(X2hitung = 7,952 dan X2tabel = 11,070), sedangkan sesuduh memberikan perlakuan reinforcement positif (X2hitung = 4,85 dan X2tabel = 11,070). Uji hipotesis diperoleh hasil menunjukkan bahwa = 1,75 dan ttabelyaitu = 2,086. Artinya thitung< ttabel yang berarti Hoditerima dan Ha ditolak, sehingga dapatdisimpulkan bahwa tidak ada pengaruhreinforcement positifterhadap perilaku siswa kelas IV pada tema 1 indahnya kebersamaan di SDN 3 Sakra diDesa Kuang Baru kecamatan Sakra tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Reinforcement Positif , Perilaku Siswa 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi