Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sastra
berbasis android berbantuan augmented reality. Penelitian pengembangan ini
mengadopsi model pengembangan Brog and Gall yang terdiri dari 7 tahap dan
disederhanakan menjadi 5 (lima) tahapan yaitu: 1) pengumpulan data, 2)
Perencanaan, 3) Pengembangan format produk, 4) Uji coba lapangan, dan 5)
Revisi poduk. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar.
Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi dan hasil belajar siswa.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus skala lima
untuk uji validasi media pembelajaran sastra berbasis android. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa hasil uji validasi ahli media dikategorikan “sangat baikâ€
dengan rentang nilai X > 45,6 dengan jumlah skor 44 dan rata-rata 4,3. Hasil uji
validasi ahli materi dikategorikan “cukup baik†karena berada pada rentang nilai
26,2 < X ≤ 34,2 dengan jumlah skor 34 dan rata-rata 3,4. Sedangkan hasil respon
siswa yang sudah dilakukan menggunakan angket respon dari 20 siswa yang
merespon sangat baik sebesar 100 %, yang berarti media pembelajaran yang
dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Media Sastra Berbasis Android.