Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Siswa
Kelas III SDN 01 Masbagik Utara Tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian
adalah kelas III terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi dan tes, sedangkan instrumen berupa pedoman observasi aktivitas
belajar dan tes tertulis. Analisis data menggunakan data kualitatif yang terdiri dari
reduksi, pemaparan, dan penyimpulan data. Analisis data kuantitatif terdiri dari
hasil belajar. Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat Meningkatkan Hasil
Belajar dari rata-rata indikator Aktivitas Belajar Siswa dan Peneliti, pada siklus I
aktivitas belajar siswa sebesar 2,7 kategori cukup aktif, dan siklus II meningkat
menjadi 3,9 dengan kategori aktif. Aktivitas Peneliti pada siklus I sebesar 3,3
kategori cukup aktif, dan siklus II meningkat menjadi 4,4 dengan kategori aktif.
Hasil analisis tes belajar siswa menunjukkan rata-rata indikator, hasil belajar
siswa pada siklus I sebesar 54,25 dan KB sebesar 30%, dan siklus II nilai rata-rata
meningkat menjadi 76,25 dan KB sebesar 90%.
Kata Kunci: Team Games Tournament, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.