Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis
kontekstual Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reasearch and
Development). Prosedur pengembangan yang diadopsi yaitu Borg and Gall,
meliputi: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3)
pembuatan prototype, 4) revisi produk, 5) ujicobalapangan, 6) revisi akhir,
Penilaian kelayakan bahan ajar diberikan oleh ahli materi, dan ahli tampilan
sebagai tahap validasi. Guru bidang studi ekonomi MA NW Tembeng Putik pada
tahap uji coba awal melalui validasi bahan ajar ekonomi berbasis kontekstual
untuk mengetahui kelayakan bahan ajar ekonomi berbasis kontekstual. Analisis
data menggunakan deskriptif prosentase.
Dari hasil penelitian ini diperoleh bahan ajar ekonomi berbasis
kontekstual. Hasil uji coba ahli materi dengan persentase rata – rata sebesar 77,7%
dikategorikan cukup layak, dan ahli tampilan dengan persentase rata-rata sebasar
77,7%. dikategorikan cukup layak. Penilaian yang diberikan guru bidang studi
sebesar 80% dengan kategori cukup layak sedangkan respon siswa sebesar 9,50%
layak.
Kata kunci :BahanAjar Berbasis kontekstual, Ekonomi