Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan usaha keripik singkong melalui
diversifikasi produk dan untuk mengetahui respon pengusaha keripik singkong
dan respon konsumen berdasarkan penilaian ahli usaha keripik singkong,
grosiran dan konsumen. Usaha keripik singkong yang diembangkan dijucobakan
kepada 10 orang masyarakat desa korleko selatan, 2 pemilik grosiran, dan 1
pengusaha keripik singkong. Jenispenelitian ini adalah Penelitian Pengembangan
dengan mengembangan usaha keripik singkong melalui diversifikasi produk di
Desa Korleko Selatan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model
pengembangan produk baru menurut Kolter, model ini terdiri atas 6 langkah, akan
tetapi peneliti hanya sampai pada langkah ke 4 karena peneiti belum pada tahap
peasaran produk yakni (1) penciptaan ide/gagasan, (2) penyaringan dan evaluasi
ide/gagasan, (3) analisis bisnis, (4) pengembangan dan pengujian. Penelitian ini
bertempat di Desa Korleko Selatan dimana subjek oji coba yaitu masyakat
Desa Korleko Selatan berjumlah 13 orang.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Hasil analisis data
menyimpulkan dengan teknik analisis deskriptif prosentase. Jadi terdapat
peningkatan minat konsumsi keripik singkong oleh konsumen setelah melakukan
pengembangan usaha melalalui diversifikasi produk ini. Dilihat dari respon
konsumen memiliki nilai persentase rata-rata 91,25%, respon grosiran
memiliki nilai persentase rata-rata 88,75%, dan penilaian ahli usaha
keripik singkong memiliki nilai persentase sebesar 90,00% sehingga dapat
dikatakan layak di k emb a n g k a n d i D e s a K o r l e k o S e l a t a n
.
Kata Kunci : Pengembangan, Usaha Keripik Singkong, Diversifikasi