Abstract :
Nurul Hidayanti (2018) Pengaruh Pelaksanaan Sistem Pembelajaran
Kurikulum 2013 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata
Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sakra Timur Tahun Pelajaran
2016/2017. Skripsi, Selong: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Hamzanwadi Selong.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh
pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa
kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonnomi di SMA Negeri 1 Sakra Timur
2016/2017 dan seberapa besar pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran
kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran
ekonomi di SMA Negeri 1 Sakra Timur 2016/2017. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sakra Timur, adapun populasi
seluruhnya adalah 63 siswa dengan sampel 54 siswa dengan ketidaktelitian 5%
dari populasi 63 siswa.variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1)
Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2013 (X), (2) Prestasi Belajar
sebagai variabel (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode
dokumentasi, metode angket atau kuesoiner, metode observasi, dan metode
wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis
regresi linear sederhana dengan menggunakan alat bantu hitung program SPSS for
windows versi 16. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh antara
pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa
kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sakra Timur. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2013 tidak
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran
ekonomi. Besarnya sumbangan efektif pelaksanaan sistem pembelajaran
kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran
ekonomi adalah 0,001 % ditunjukkan dari perhitungan koefisien determinasi.
Kata Kunci: Sistem Pembelajaran, Kurikulum 2013, Prestasi Belajar