Abstract :
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar ekonomi
berbasis model Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas X di MA NW Sukamulia. Berupa bahan ajar, silabus, RPP,
dan untuk melihat efektifitas penyusunan bahan ajar ekonomi. Sehingga,
pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif dan efesien serta dapat
mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Pengembangan dengan mengembangan bahan ajar ekonomi berbasis
model Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas X di MA NW Sukamulia yang ada pada lingkungan sekolah. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket.
Penelitian ini bertempat di MA NW Sukamulia dimana populasinya yaitu
siswa kelas X di sekolah yang berjumlah 23 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Hasil analisis data
menyimpulkan bahwa dengan taraf efektif. Jadi terdapat perbedaan hasil belajar
setelah menggunakan bahan ajar ekonomi kelas X (sepuluh) yang
dikembangkan dengan berbasis model Student Facilitator and Explaining. Hal
ini berarti bahwa hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar
tidak sama. Jadi dapat dikatakan terdapat perbedaan yang cukup
signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan
bahan bahan ajar ekonomi berbasis model Student Facilitator And Explaining.
Dilihat dari respon guru memiliki nilai persentase rata-rata 84,28%, respon siswa
memiliki nilai persentase rata-rata 92,64%, dan hasil belajar siswa dengan
menggunakan bahan ajar ekonomi berbasis model Student Facilitator and
Explaining ini memproleh nilai rata-rata 83,65% sehingga dapat dikatakan efektif
digunakan dalam proses pembelajran di MA NW Sukamulia.
Kata Kunci : Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Model Student Facilitator and
Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas
X Di MA NW Sukamulia.