Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan lembar
kerja siswa dengan metode simulasi; (2) kelayakan lembar kerja siswa dengan
metode simulasi menurut para ahli; (3) respon siswa terhadap penggunaan lembar
kerja siswa dengan metode simulasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian
Research and Development (R n D) menggunakan model pengembangan Borg &
Gall. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MA Darussolihin NW
Kalijaga yaitu kelas XI IPS 1, uji coba dilakukan terhadap 23 peserta didik untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan LKS.
Instrumen utama dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa dengan metode
simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik survei dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif dan diambil kesimpulan serta penggunaan uji t.Hasil
penelitian menunjukkan hal-hal berikut: (1) hasil uji kelayakan tim ahli yang
meliputi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain diperoleh hasil validasi materi
yaitu sebesar 3,62 dengan kategori layak, bahasa 3,38 dengan kategori cukup, dan
desain 3,32 dengan kategori cukup. (2) hasil respon siswa terhadap terhadap
lembar kerja siswa diperoleh hasil validasi materi 4,41, bahasa 3,97, dan desain
4,09 menunjukkan perolehan rata-rata skor sebesar 4,16 yang termasuk dalam
kategori layak. (3) pada uji coba produk dibandingkan nilai siswa sebelum dan
sesudah penggunaan LKS, nilai siswa akhir dengan rata-rata nilai awal 77,82
meningkat menjadi 82,17. Hasil Uji t yaitu thitung sebesar 2,386 dengan sig (p) =
0,01. Sedangkan perhitungan t tabel diperoleh sebesar 2,073 dengan df 22. Karena t
thitung ≥ ttabel (2,386 ≥ 2,073) dan p ≤ 0,05 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha
diterima. Hal ini menunjukkan pengembangan lembar kerja siswa dengan metode
simulasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi.
Kata kunci: pengembangan, LKS, metode simulasi, dan pengaruhnya terhadap
hasil belajar siswa