Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Self Efficacy Siswa
Sd Kelas 5 dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Berdasarkan Kemampuan
Matematika di SDN 8 Masbagik Utara Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu (quasi eksperimen) dan menggunakan desain one group pretestpostest design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 8
Masbagik Utara yang berjumlah 42 Siswa. Sedangkan untuk teknik pengambilan
sampel menggunakan tekhnik random sampling. Sehingga didapatkan siswa yang
berjumlah 42 orang sebagai sampel dalam kegiatan penelitian. Teknik
pengumpulan data menggunakan test dan angket sedangkan instrument
pengumpulan data dilakuan dengan cara tes dan angket.
BerdasarkanhasilUji linearitas dengan menggunakan rumus uji F diperoleh
Fhitung ≤ Ftabel atau 0,74 ≤ 2,14 sehingga dapat dikatakan bahwa data berpola linear.
Persamaan regresi linear sederhana untuk pengaruh pengaruh Self efficacy
terhadapkemampuanpemecahanmasalahkontekstualberdasarkankemampuanmate
matikaadalah Ȳ= a + bX = 18,54 + 0,82 X. Sedangkan untuk koefisien
determinasi (KP) atau nilai kontribusi engaruh Self efficacysiswa SD kelas V
terhadapkemampuanpemecahanmasalahberdasarkankemampuanmatematikasiswa
kelas V SDN8 Masbagik Utara sebesar 83,17 dan 16,83 sisanya pengaruh
dari faktor lain.
Kata Kunci: self efficacy, memecahkanmasalahkontekstual, quasi eksperimen