Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evektivitas Kinerja Guru
Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD/MI Dasan Baru Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah
kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kinerja
yang dilakukan oleh guru SD/MI Dasan Baru dalam mencapai keempat
kompetensi berjalan dengan evektif. Akan tetapi terdapat kendala dari beberapa
kompetensi tersebut, terutama pada kopetensi pedagogik dan kopetensi
profesional. Diman kekurangan dalam kopetensi pedagogik yaitu pada
penggunaan media pembelajaran penggunaan metode dalam pembelajaran,
sementara kopetensi profesionalnya yaitu pada pengelolaan kelas dan
penyelenggaraan bimbingan. Dari keempat masalah tersebut merupakan kinerja
guru yang belum maksimal dilaksanakan sehingga berdampak pada hasil nilai
yang diperoleh siswa SD/MI Dasan Baru.
Kata Kunci: Kinerja guru, hasil belajar